Langsung ke konten utama

Kisah di Balik Lagu "Amazing Grace"

   Lagu Rohani “Amazing Grace” adalah sebuah Lagu Rohani Ciptaan dari “John Newton”. Seorang Kapten Kapal laut yg Gagah Perkasa di 200+ Tahun yg lalu.
Ternyata Lagu Rohani yg begitu Luar Biasa dan memberkati dunia ini. Ternyata bukan diciptakan oleh orang yg baik-baik, tapi justru diciptakan oleh Seorang Penjual Budak, Pembantai, dan Pembunuh Baginya. Menjual Budak adalah Perkerjaan Hidupnya
   Dari Benua Inggris ia berlayar ke Benua Africa, Tujuan Utamanya adalah mencari Budak Africa tuk dijadikan Budak di Inggris. Dari desa satu ke desa Africa lainnya, Ia berburu dan menyerang manusia tuk dijadikan budak. Baginya, siapa saja orang Africa yg ngecoba melawan dan menolak tuk dijadikan budak. Akan menerima Pedang kematian dari John Newton berserta awak-awak Kapalnya.




   Selain itu, Kapal milik John Newton yg disebut sebagai kapal Pembunuh dipaksa tuk dinaikkan hingga 650 orang Tahanan Africa (Padahal muat 400 orang aja). Makanya, banyak terjadi Kematian, akibat kekurangan oksigen, kedinginan, dll sebagainya. Bahkan dia tidak mau memberi makanan tuk budaknya ketika dalam Pelayaran. Wah…, Wah.., John Memang KEJAM.., 
Gimana yah rasanya. kalo Desa kita diserang oleh John Newton dan orang-orang yg ada didesa dipaksa naik kapal tuk dijadikan budak di kotanya. Pasti sungguh ngeri ngebayangin 200 Tahun yg lalu yg dilakuin ama si John…? 

Lalu, apayang buat John Newton Bertobat dan kembali kepada TUHAN dan menciptakan sebuah lagu rohani yg begitu Dahsyat..??
Jawabnya adalah karena KASIH TUHAN…, 
 Hanya karena KASIH TUHAN-lah John Newton bertobat. Kasih Tuhan lah yang sudah mengingatkanNya dan udah menyelamatkannya dari Suatu Peristiwa yang tidak bisa John Newton hadapi. Yaitu sebuah Badai Ganas yg hampir aja merenggut nyawanya berserta awak-awak Kapalnya.
Saat itupun John Newton bertobat, dan benar-benar merasakan Kasih Tuhan…,? Waktu itu, Badai Ganas yg terjadi di Laut Atlantik itu hampir saja menegelamkan Kapal si John yg bernama “GreyHound


Serentak, banyak orang Africa yg dirantai dan dipasung oleh John juga ke 30 Anak Buah siJohn Netwon yg mulai berpikiran kalo Badai ini adalah Akibat ulah John Newton yg selalu Kasar kepada Orang lain, bahkan menjelek-jelekkan Nama TUHAN.

John Newton sejak kecil memang tidak pernah berdoa, selalu pesta minuman keras, dan menertawakan Injil Alkitab yg pernah ia baca. Dulu, waktu John Newton kecil, ketika ibunya masih ada. John emang sempat membaca Alkitab.

Nah, John Newton takut. Kalo Peristiwa ini akan sama seperti Tokoh Yunus di Alkitab yg pernah ia baa, karena Yunus selalu menghujat TUHAN*. John takut kalo ke 30 Anak buahnya ini akan melemparin dia ke Laut, seperti yg terjadi sama Yunus. Padahal kamu tau sendirikan, Air Atlantika itu sangat dingin.
Akhirmya John Newton pun memohon Ampun sama Tuhan disaat itu juga…,

Tuhan, Kasihanilah kami” katanya…,

Padahal, John tahu. Kalo dirinya adalah orang yg sangat berdosa. Dia jg takut kalo Tuhan itu ga mau mengampuni dia yg begitu jahat.

Dan, dgn Gigi yg Terkatup…, John Newton pun berdoa kepada Tuhan. :

YA TUHAN, Jika Engkau Benar, Engkau PAsti menepati janjiMu. Sucikanlah hatiku yang kotor ini.

Namun, Tuhan itu Baik.
Seperti yg tertulis didalam Alkitab :

“Jadi, Jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakMu, Apalagi Bapamu yang ada di sorga. Dia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepadaNya (Lukas 11 :13)


Jadi, Peristiwa Badai Ganas inilah yg udah bikin John mengucap syukur kepada Tuhan dan menanamkan benih pertobatan didalam hatinya.

Setelah 4 minggu berlalu sejak Badai Ganas. Saat persediaan makanan menipis, Kapal Greyhound pun memasuki pelabuhan Irlandia dgn porak-poranda. Saat itu-pun John pergi ke gereja dan menerima YESUS sebagai TUHAN.

  John Bertobat kepada TUHAN. dia jg udah ga ngejual budak Africa lagi, namun, justru menjadi seorang pendeta dan menjadi orang yg berperan penting dalam penghapusan penjualan manusia di Inggris.

Tak lupa jg disaat itupun John Ngeciptain sebuah lagu yg memberkati dunia yg berjudul :AMAZING GRACE….,

   dgn Diiringin gemuruh lautan, percikan air, dan suara kicauan burung laut di sebuah lautan 200+ Tahun yg silam. Si John Newton pun ngeciptain Sebuah Lagu yg Begitu Indah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ibadah PPA "Integritas" Daniel 1:1-21

Syalom teman-teman kembali lagi dengan kami UPK-Kr. FT UNSRAT, terima kasih masih tetap setia membaca artikel-artikel kami. kali ini kami akan membagikan tentang Integritas, Apa sih Integritas? mau tau lebih tentang integritas tetap ikuti terus artikel ini. sebelum itu kami juga mau berterima kasih kepada teman yang sudah melayani di ibadah PPA kiranya dan pembicara yang telah mengambil bagian. kiranya Tuhan Yesus selalu Memberkati. Oke Lansung Saja! Pembacaan Firman Tuhan (Daniel 1:1-21) 1:1  Pada tahun yang ketiga pemerintahan Yoyakim,   raja Yehuda, datanglah Nebukadnezar,   raja Babel,   ke Yerusalem, lalu mengepung   kota itu.  1:2  Tuhan menyerahkan Yoyakim, raja Yehuda, dan sebagian dari perkakas-perkakas di rumah Allah ke dalam tangannya. Semuanya itu dibawanya   ke tanah Sinear, ke dalam rumah dewanya; perkakas-perkakas itu dibawanya ke dalam perbendaharaan dewanya.   1:3  Lalu raja bertitah kepada Aspenas, kepala istananya, untuk membawa beberapa orang Israe

Download Album Louder Than Life - Sidney Mohede

Syalom selamat pagi saudara-saudara, minggu pagi ini kita perlu selalu mengucap syukur pada Tuhan, Karena oleh kuasaanya kita masih menghirup udara pagi, Puji-pujian adalah persembahan yang berharga tuk kita naikan pada Tuhan, :) nih album sudah aku posting beberapa minggu lalu tapi yah tak apa-apalah.. Nih Album dari Sydney Mohede, singlenya "Louder Than Life" dalam albumnya ini , Sydney duet bersama Vokalis Saykoji (igor) dalam lagu   Lost , yang bernuansa Hip Hop, Download Disini : Pass (sirpsirp) -  CD 1 -  CD  2 TUHAN MEMBERKATI

Peneguhan Panlak BC dan FollowUp XXX

"Diberkatilah orang yang mengandalkanTuhan, yang menaruh harapannya pada Tuhan. Ia akan seperti pohon yang ditanami di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah." (Yeremia 17: 7-8) Puji Syukur kepada Tuhan karena ibadah Mahasiswa tadi pada jumat 15 April 2016 boleh dilaksanakan dan boleh berjalan dengan baik seturut dengan kehendakNya. Bersyukur juga buat Panitia Pelaksana Bible camp dan Follow up yang ke 30 yang telah di teguhkan tadi, dan menerima panngilan untuk melayaniNya lewat kepanitiaan ini Berikut nama nama Panlak yang Mengiyakan panggilanNya Ketua Aryani Tinungki IT 2013 Wakil Ketua I Feyby Sumual PWK 2013 Wakil ketua II Nicknael Yonathan IT 2013 Wakil Ketua III Elroy W Lempoy Pwk 13 Wakil Ketua IV Francis Tarumengkang PWK 2013 Sekretasis Shintya Mamuaya Ars 2014 Bendahara Melania Kalalo