Langsung ke konten utama

Sejarah Protestan

Akar dan pendahulu abad ke-14 dan abad ke-15

Setelah runtuhnya lembaga-lembaga biara dan skolastisisme di Eropa pada akhir abad pertengahan, yang diperparah oleh Pembuangan ke Babel dari Kepausan Avignon, Skisma Besar, dan kegagalan pembaruan oleh Gerakan Konsiliar, pada abad ke-16 mulai matang perdebatan budaya yang besar mengenai pembaruan keagamaan dan kemudian juga nilai-nilai keagamaan yang dasariah. Para ahli sejarah pada umumnya mengasumsikan bahwa kegagalan untuk mereformasi (terlalu banyak kepentingan pribadi, kurangnya koordinasi di kalangan koalisi pembarua), akhirnya menyebabkan gejolak yang lebih besar atau bahkan revolusi, karena sistemnya akhirnya harus disesuaikan atau runtuh, dan kegagalan Gerakan Konsiliarnominalisme, ibadah modern, hingga humanisme yang terjadi berbarengan dengan kekuatan-kekuatan ekonomi, politik dan demografi yang ikut menyebabkan ketidakpuasan yang kian meningkat terhadap kekayaan dan kekuasaan kaum agamawan elit, membuat masyarakat semakin peka terhadap kehancuran finansial dan moral dari gereja Renaisans yang sekular. melahirkan Reformasi Protestan di Eropa bagian barat. Gerakan-gerakan reformis yang frustrasi ini merentang dari
Akibat-akibat yang ditimbulkan oleh wabah pes mendorong penataan ulang secara radikal ekonomi dan akhirnya juga masyarakat Eropa. Namun demikian, di kalangan pusat-pusat kota yang bermunculan, bencana yang terjadi pada abad ke-14 dan awal abad ke-15, dan kekurangan tenaga kerja yang ditimbulkannya, merupakan dorongan kuat bagi diversifikasi ekonomi dan inovasi teknologi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IBADAH MAHASISWA "HATI YANG MELAYANI"

Syalom.. Puji syukur kepada Tuhan karena Ibadah Mahasiswa dengan tema "Hati Yang Melayani" telah terlaksakan dengan baik pada hari Jumat, 29 Maret 2019 yang telah di bawakan oleh ka Dennis dengan pembacaan firman Tuhan yang tedapat dalam Filipi 2: 1-11. Dalam ibadah ini kita diingatkan 'Lebih baik kita tidak diberikan tanggung jawab melayani oleh Yesus tetapi kita dekat dengan-Nya. Dari pada kita memegang suatu pelayanan tetapi jauh dari hadapan Tuhan. Ketika kita menjalankan Pelayanan lakukanlah itu hanya untuk kemuliaan nama Tuhan, dan percayalah setiap kekurangan kita dalam pelayanan pasti Tuhan akan memperlengkapi'. Dalam ibadah ini juga ada peneguhan Panitia Pelaksana Bible Camp dan Follow UP BC ke- XXXIII. adapun nama-nama panitia pelaksana BC & FU XXXIII sebagai berikut: Ketua: Cheintya Guena (PWK 16) Wakil I : Jessy Amelia Rumouw (ARS 16) Wakil II : Chresto Wahongan (Sipil 16) Wakil III : Angga Tamasoa (IT 16) Wakil IV : Reyfo Kalase (IT 16) Sekret...

RESPONSI BELAJAR "ARC GIS"

Syaloom... Bersyukur Kepada Tuhan karena Responsi Belajar yang telah dilaksanakan pada hari Kamis, 11 April 2019 tentang Arc GIS boleh dapat dapat berlangsung dengan baik Dalam responsi ini kita diajarkan bagaimana menggunakan GIS Pemetaan Peta dan Cara membuat kontur. Semoga responsi berikutnya boleh di hadiri lebih banyak teman-teman, tetap selalu semangat belajar dan teruslah menambahkan ilmu mu, karena ilmu sangatlah berharga 😊

Ibadah PPA "Integritas" Daniel 1:1-21

Syalom teman-teman kembali lagi dengan kami UPK-Kr. FT UNSRAT, terima kasih masih tetap setia membaca artikel-artikel kami. kali ini kami akan membagikan tentang Integritas, Apa sih Integritas? mau tau lebih tentang integritas tetap ikuti terus artikel ini. sebelum itu kami juga mau berterima kasih kepada teman yang sudah melayani di ibadah PPA kiranya dan pembicara yang telah mengambil bagian. kiranya Tuhan Yesus selalu Memberkati. Oke Lansung Saja! Pembacaan Firman Tuhan (Daniel 1:1-21) 1:1  Pada tahun yang ketiga pemerintahan Yoyakim,   raja Yehuda, datanglah Nebukadnezar,   raja Babel,   ke Yerusalem, lalu mengepung   kota itu.  1:2  Tuhan menyerahkan Yoyakim, raja Yehuda, dan sebagian dari perkakas-perkakas di rumah Allah ke dalam tangannya. Semuanya itu dibawanya   ke tanah Sinear, ke dalam rumah dewanya; perkakas-perkakas itu dibawanya ke dalam perbendaharaan dewanya.   1:3  Lalu raja bertitah kepada Aspenas, kep...